Detil Solusi Universitas

Informasi Kegiatan
IAIN Kediri Meningkatkan Layanan Dasar Kesehatan melalui Revitalisasi Akuntabilitas Publik Pendataan

15/12/2019

15/12/2019 s/d 15/12/2019

01/06/2019

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

  • Kesehatan Ibu & Anak
  • Layanan Dasar Kesehatan
  • Teknologi
IAIN Kediri Meningkatkan Layanan Dasar Kesehatan melalui Revitalisasi Akuntabilitas Publik  Pendataan Solusi Universitas SELESAI
Deskripsi KKN Tematik

KKN Tematik IAIN Kediri mengusung tema “Revitalisasi Akuntabilitas Sosial Pendataan Layanan Dasar Kesehatan Bagi Warga Miskin di Pedesaan”. Dalam konteks pendataan pelayanan kesehatan yang memiliki mata rantai sangat erat dengan pendataan kemiskinan, maka dalam hal ini Perguruan Tinggi dapat mengambil peran di dalamnya. Hal ini dikarenakan perguruan tinggi diharapkan mampu menjadi katalisator sekaligus fasilitator terjadinya proses perubahan sosial yang berkeadilan dan mengusung nilai-nilai perlindungan bagi kelompok rentan. Pelibatan peran perguruan tinggi meliputi kegiatan dosen dan mahasiswa yang ditugasi menjadi pendamping dan masyarakat sebagai pelaksana.

Mengapa perlu revitalisasi ? Hal ini dikarenakan terjadi perubahan pola penyakit, perubahan nilai dan ekspektasi masyarakat, besarnya pengaruh social determinant on health, turbulensi ekonomi, terjadinya desentralisasi (UU no. 32&33, PP 38, PP 41, Kemendagri 59, SPM dll).

Selama ini, berdasarkan pasal 15 dan 16 Undang-Undang Statistik yang sebatas memberi wewenang kepada badan statistik untuk mengumumkan dan menyebarluaskan hasil statistik yang diselenggarakannya belum ditindaklanjuti dengan optimalisasi akuntabilitas sosial pada data kemiskinan tersebut. Jaminan kesehatan di Indonesia memiliki skema jaminan berdasarkan status kemiskinan. Salah satu sasaran masih menjadi isu langganan dalam pendistribusian jaminan kesehatan baik dari pusat maupun di daerah.

Padahal, validitas data merupakan aspek penting dalam perumusan kebijakan publik, termasuk dalam pemenuhan hak kesehatan melalui jaminan kesehatan maupun penanggulangan kemiskinan (nasional dan daerah). Beragam versi data kemiskinan yang muncul menjadikan berbagai intervensi program penanggulangan kemiskinan belum optimal. Upaya yang biasa dilakukan antara lain mengkoordinasikan kegiatan pendataan di wilayah kecamatan dan desa untuk melakukan upaya pengelompokan, pendataan ulang orang, pemberian bantuan dan sebagainya. Keterlibatan publik dalam memberikan masukan atas data adalah tahapan penting dalam validasi data. Keterlibatan publik inilah yang dimaknai sebagai akuntabilitas sosial. Akuntabilitas sosial  dalam agenda pendataan adalah bagaimana melibatkan warga masyarakat dalam memberikan masukan atas data yang telah disajikan oleh pemerintah dan pemerintah daerah. Itulah kata kunci penting dalam akuntabilitas sosial dalam penentuan data kemiskinan.


Sumber Daya

Aspek sumber daya yang dimiliki dalam program pelaksanaan KKN tematik ini memiliki kualifikasi sebagai berikut :

  1. Tenaga Ahli Bidang Ilmu Sosiologi Pedesaan 2 orang (IAIN Kediri).
  2. Tenaga Ahli Bidang Ilmu Komunikasi dan Media 2 orang (IAIN Kediri).
  3. Tenaga Ahli Bidang Informasi dan Teknologi 2 orang (IAIN Kediri).
  4. Tenaga Ahli Bidang Psikologi Sosial 1 orang (IAIN Kediri)
  5. Tenaga Ahli Bidang Ilmu Manajemen 1 orang (IAIN Kediri).
  6. Tenaga Ahli Bidang Kesehatan Masyarakat 1 orang (dalam kerjasama dengan PT Swasta Institut Ilmu Kesehatan/IIK Kediri).
  7. Tenaga Ahli Bidang Ilmu Gizi 1 orang (dalam kerjasama dengan PT Swasta Institut Ilmu Kesehatan/IIK Kediri).
  8. Tenaga Staf  Administrasi dan Keuangan 2 orang (IAIN Kediri).
  9. Tenaga Ahli Bidang Statistika 1 orang (IAIN Kediri).
  10. Mahasiswa IAIN Kediri 120 orang.


Dukungan Dana/Pelatihan

Dukungan Dana

Pembiayaan didanai oleh kolaborasi IAIN Kediri dan KOMPAK-UMD.

Pelatihan

1. Pembekalan Dosen dan Mahasiswa

2. Peningkatan kapasitas bagi kader des


Universitas Laporan KKN Detil
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri Laporan tersedia
Partisipan

Belum ada diskusi.