Detil Tantangan Desa

Informasi Kegiatan
Infrastruktur dan Permasalahan Desa Watuagung

15/12/2019

09/08/2019 s/d 31/08/2019

09/08/2019

Watuagung

  • BUMDESA
Infrastruktur dan Permasalahan Desa Watuagung Tantangan Desa BUKA
Permasalahan

 

Di Desa Watuagung banyak sekali permasalahan yang dialami oleh masyarakat. Hal pertama kali yang terlihat ketika memasuki desa ini ialah akses jalan yang sangat kurang memadai sebab jalan desa rusak parah dan tidak pernah ada pembenaran jalan. Selain masalah jalan infrastruktur desa kedua yang belum tersentuh ialah sekolah, untuk sekolah SMP/MTS dan SMA/MA belum terdapat di desa ini, sehingga harus keluar desa dan jarak yang ditempuh sangat jauh yang mengharuskan anak-anak Desa Watuagung untuk menyewa rumah atau mondok ketika ingin menempuh pendidikan tersebut. Permasalahan ke tiga yang ada ialah permasalahan seputar cengkeh, Desa Watuagung memang terkenal akan hasil perkebunannya cengkeh akan tetapi kini pohon cengkeh tersebut secara keseluruhan terserang oleh hama penyakit yang belum dapat diatasi hingga kini. Di desa ini pun terdapat banyak sekali petani janggelan tetapi kelemhannya masyarakat belum dapat mengolah sumber daya tersebut sehingga hanya dapat menanam saja dan menjualnya kepada pengepul. Buah kelapa juga sangat melimpah akan tetapi sama halnya dengan janggelan, masyarakat belum dapat mengolah lebih buah kelapa tersebut, hanya sebatas menjual buah kelapa yang sudah tua saja.


Kebutuhan Desa

 

Banyak hal yang dibutuhkan desa dengan latar belakang segala macam kekurangan fasilitas yang dimiliki oleh desa. Beberapa hal yang dibutuhkan oleh desa diantaranya sebegai berikut: 1. Infrastruktur jalan desa 2. Bangunan sekolah untuk SMP/MTS dan SMA/MA 3. Pembaruan data KK, KTP dan Akte 4. Penanggulangan hama cengkeh 5. Pembangunan pariwisata desa berupa Jurug Waru 6. Sertifikat tanah belum ada khususnya pada lahan pertanian yang kini sedang digarap.


Potensi Desa

 

Didesa Watuagung memiliki banyak potensi, potensi yang diiliki oleh desa diantaranya: 1. Jurug Waru Jurug Waru sudah dapat diakses akan tetapi hanya dengan berjalan kaki dan belum berkembang sebagaimana layaknya pariwisata yang seharusnya. Dengan akses yang masih sulit untuk dijangkau tersebut menyebabkan wisatawan yang datang belum terlalu maksimal. 2. Jurug yang lainnya Di Desa Watuagung tidak hanya memiliki 1 buah jurug saja melainkan ada banyak jurug yang lainnya dan hanya dimanfaatkan untuk mengairi kebutuhan air ke rumah-rumah warga saja.


Sumber Daya

 

Sumber daya dibedakan menjadi dua yaitu Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM), sumber Daya Alam yang dimiliki di desa ini berupa: 1. Cengkeh 2. Buah Kelapa 3. Tanaman janggelan Sedangkan Sumber Daya Manusia di desa ini sangat terbatas dalam bidang pendidikan dan pengetahuan. Mayoritas masyarakat Desa Watuagung mengenyam pendidikan hingga Sekolah Dasar (SD) saja setelah seeai dari SD melanjutkan ke Pondok. Dengan tingkat pendidikan SD, warga masyarakat memiiki pekerjaan sebagai Petani hutan yang menanam tanaman cengkeh dan janggelan. Sumber daya dibedakan menjadi dua yaitu Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM), sumber Daya Alam yang dimiliki di desa ini berupa: 1. Cengkeh 2. Buah Kelapa 3. Tanaman janggelan Sedangkan Sumber Daya Manusia di desa ini sangat terbatas dalam bidang pendidikan dan pengetahuan. Mayoritas masyarakat Desa Watuagung mengenyam pendidikan hingga Sekolah Dasar (SD) saja setelah seeai dari SD melanjutkan ke Pondok. Dengan tingkat pendidikan SD, warga masyarakat memiiki pekerjaan sebagai Petani hutan yang menanam tanaman cengkeh dan janggelan. Sumber daya dibedakan menjadi dua yaitu Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM), sumber Daya Alam yang dimiliki di desa ini berupa: 1. Cengkeh 2. Buah Kelapa 3. Tanaman janggelan Sedangkan Sumber Daya Manusia di desa ini sangat terbatas dalam bidang pendidikan dan pengetahuan. Mayoritas masyarakat Desa Watuagung mengenyam pendidikan hingga Sekolah Dasar (SD) saja setelah seeai dari SD melanjutkan ke Pondok. Dengan tingkat pendidikan SD, warga masyarakat memiiki pekerjaan sebagai Petani hutan yang menanam tanaman cengkeh dan janggelan. Sumber daya dibedakan menjadi dua yaitu Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM), sumber Daya Alam yang dimiliki di desa ini berupa: 1. Cengkeh 2. Buah Kelapa 3. Tanaman janggelan Sedangkan Sumber Daya Manusia di desa ini sangat terbatas dalam bidang pendidikan dan pengetahuan. Mayoritas masyarakat Desa Watuagung mengenyam pendidikan hingga Sekolah Dasar (SD) saja setelah seeai dari SD melanjutkan ke Pondok. Dengan tingkat pendidikan SD, warga masyarakat memiiki pekerjaan sebagai Petani hutan yang menanam tanaman cengkeh dan janggelan.


Dukungan Dana/Pelatihan

Desa Watuagung membutuhkan dana untuk: 1. Perbaikan infrastruktur jalan desa. 2. Pembangunan infrastruktur berupa sekolah SMP/MTS dan SMA/MA. 3. Pembangunan dan pengembangan pariwisata Jurug Waru. 4. Pelatihan pengolahan tanaman jaggelan,buah kelapa dan SDM agar meningkatkan daya jual yang berimbas pada perekonomian masyarakat.


Universitas Laporan KKN Detil
Partisipan

Belum ada diskusi.