Detil Tantangan Desa

Informasi Kegiatan
KKN Tematik untuk Mewujudkan Desa Tuntas Adminduk

16/12/2019

13/08/2019 s/d 13/08/2019

13/08/2019

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Timur

  • Kepemilikan Identitas Hukum
KKN Tematik untuk Mewujudkan Desa Tuntas Adminduk Tantangan Desa BUKA
Permasalahan

Saat ini adminduk merupakan salah satu kebutuhan utama bagi setiap penduduk untuk mendapatkan kebutuhan dasar seperti kesehatan, pendidikan, jaminan sosial dll. Dan bahkan sesuai dengan amanah peratutran per_UU-an, data adminduk menjadi acuan data dalam seluruh keperluan pemerintahan dan pembangunan

Dalam realitanya, Kabupaten Lombok Timur mengalami kesulitan untuk mewujudkan kepemilikan data dan dokumen adminduk yang akurat dan dinamis bagi seluruh penduduk Lombok Timur, salah satu contohnya adalah kepemilikan akta kelahiran anak (usia 0-18 tahun) per Juli 2019 baru mencapai kisaran 81,55% jauh dibawah capaian nasional yang berkisar 90%.

Kesulitan itu disebabkan Kabupaten Lombok Timur merupakan salah satu Kabupaten di Propinsi NTB dengan jumlah penduduk terbesar dan kepadatan penduduk yang tinggi serta kondisi geografis yang begitu luas, tidak sebanding dengan kondisi kesiapan Dinas Dukcapil sebagai instansi pelaksana yang menangani urusan adminduk dengan sanpras dan sumberdaya yang terbatas

Maka perlu upaya terpadu untuk memenuhi kebutuhan akan data dan dokumen adminduk bagi seluruh kabupaten lombok timur, yang harus melibatkan berbagai pihak sesuai dengan asas "stelsel aktif". salah satu upaya yang terpenting, adalah bagaimana memulai penuntasan data dan dokumen adminduk bagi penduduk yang dilaksakan pada setiap desa yang dikenal dengan "Desa Tuntas Adminduk" . Dapat dibayangkan ketika setiap desa di Kabupaten Lombok Timur yang sejumlah 254 Desa secara masiv melaksanakan penuntasan adminduk bagi penduduknya, dapat dipastikan bahwa permasalahan adminduk Kabupaten Lombok Timur tuntas dengan sendirinya

Peran Universitas secara khusus Mahasiswa KKN diperlukan dalam upaya membangun persepsi dan kesepahaman semua pihak desa untuk bergerak dalam Desa Tuntas Adminduk, membantu memberikan arah bagi desa dalam mencapai upaya tuntas adminduk serta juga terlibat langsung dalam aksi Desa Tuntan Adminduk.


Kebutuhan Desa

Untuk mewujudkan Desa Tuntas Adminduk, maka yang diperlukan adalah

1. Komitmen bersama semua unsur Desa untuk mewujudkan Desa Tuntas Adminduk, 

2. adanya kesepahaman dan kerjasama antara Dinas Dukcapil, Desa, dan Pihak Terkait lainnya untuk mewujudkan Desa Tuntas Adminduk

3. pembentukan Struktur desa yang akan melaksanakan upaya Desa Tuntas Adminduk meliputi regulasi, kelembagaan, sanpras, dll

 4. Kegiatan aksi Desa Tuntas Adminduk meliputi Sosialisasi, Pendataan dan pelayanan

5. Dukungan penganggaran


Potensi Desa

setiap desa terdapat potensi untuk desa tuntas adminduk yakni

1. Komitmen dan kesadaran akan pentingnya adminduk sudah ada, terutama dari Pemerintah Desa, BPD, Lembaga-lembaga Desa dan Tokoh Agama-Masyarakat

2. keberadaan struktur formal dan struktur informal yang siap digerakkan untuk memdukung upaya desa tuntas adminduk

3. setiap desa memiliki kelengkapan sanpras dan sdm yang mencukupi

4. akses transportasi, jaringan listrik, dan jaringan komunikasi yang memadai di setiap desa

5. budaya paternalistik masyarakat desa untuk mudah mengikuti arahan dan ajakan dari pimpinan/tokoh desa

6. terdapat akses pemanfaatan data adminduk (program SID-Sistem Informasi Desa) dan jalur pelayanan percepatan dokumen adminduk yang dilaksanakan  secara manual maupun online (program BAKSO)-Bikin Administrasi Kependudukan Secara Online)bagi penduduk desa


Sumber Daya

Sumber Daya yang tersedia 

1. Sumber daya manusia yang menggerakkan upaya Desa Tuntas Adminduk terdiri dari kepala Desa dan perangkat Desa, TP.PKK, Kader, Tokoh Agama/Masyarakat, dll

2. Sumber daya gedung,peralatan dan sanpras lainnya, tersedia di desa walaupun masih seadanya

3. Sumber daya anggaran, bahwa setiap desa secara otonom mengelola Anggaran Pendapatan dan belanja Desa sesuai mekanisme yang diatur dalam peraturan perUUan 


Dukungan Dana/Pelatihan

Dukungan Dana/pelatihan yang diperlukan

1. Pelatihan untuk peningkatan pemahaman Kepala Desa,Perangkat Desa dan Pihak Terkait di Desa mengenai adminduk sekaligus mekanisme dan persyaratannya untuk nantinya dapat menguruskan penduduk desa baik secara manual maupun online

2. Dukungan Dana dalam aksi Desa Tuntas Adminduk untuk melaksanakan sosialisasi tingkat desa, pendataan langsung rumah ke rumah, dan pelaksanaan pelayanan adminduk di tingkat desa baik dengan pelayanan keliling Dukcapil atau Desa yang mengumpulkan dari warga untuk diserahkan pihak Desa ke Dinas Dukcapil secara manual maupun online

3. Dukungan Dana untuk pelengkapan komputer-printer, jaringan internet, dan sekaligus pelatihan dalam menjalankan aplikasi pemanfatan dan pelayanan adminduk (SID dan BAKSO)

4. Dukungan personil dalam aksi bersama Desa Tuntas Adminduk, terlibat bersama Dinas Dukcapil dan Desa


Universitas Laporan KKN Detil
Partisipan

Belum ada diskusi.